Senin, 27 Desember 2010

Analisis SWOT pada pendidikan Sekolah Dasar


1.   Analisis SWOT

KKG/KKKS  sebagai suatu organisasi didisain agar dapat berkontribusi terhadap upaya peningkatan kualitas guru. Oleh karena itu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan (makro), pembelajaran (mikro) khususnya, perlu  direncanakan dengan baik. Di samping itu, dalam menghadapi berbagai persoalan dewasa ini dan tantangan pendidikan di masa depan, KKG/KKKS sebagai penyelengara pendidikan diharapkan dapat melakukan terobosan baru dalam bidang manajemen yang mengacu pada keunggulan komparatif dan kompetitif (Unhalu, 2005).

SWOT adalah akronin dari Strength, Weaknesses, Opportunities, and Threaths., yang semuanya merupakan faktor-faktor strategis. SWOT merupakan metode analisis terhadap peluang dan ancaman dari faktor-faktor strategis yang berasal dari pihak luar KKG/KKKS dan analisis kekuatan dan kelemahan terhadap faktor-faktor internal KKG/KKKS.

FAKTOR INTERNAL


FAKTOR EKSTERNAL
KEKUATAN (S)
(tuliskan 5-10 kekuatan internal di sini)
KELEMAHAN (W)
(tuliskan 5-10 kelemahan internal di sini)
PELUANG (O)
(Tuliskan 5-10 peluang eksternal disini)


Strategi (SO)
kekuatan vs peluang
(Buat strategi di sini yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang)
Strategi (WO)
Kekuatan vs peluang
(Buat strategi di sini yang memanfatkan peluang  untuk mengatasi kelemahan
ANCAMAN (T)
(Tuliskan 5-10 ANCAMAN eksternal disini



Strategi (ST)
Kekuatan vs tantangan
(Buat strategi di sini yang menggunakan kekuatan untuk menghindari/mengubahnya menjadi peluang)
Strategi (WT)
Kelemahan vs tantangan
(Buat strategi di sini yang meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman)

Hasil SWOT digunakan untuk bahan/pertimbangan  perumusan visi dan misi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar